PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN TATAP MUKA, NONTATAP MUKA (GOOGLE CLASSROOM), DAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH

Farinda , Sari (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN TATAP MUKA, NONTATAP MUKA (GOOGLE CLASSROOM), DAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1981Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1682Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran tatap muka, pembelajaran menggunakan Google Classroom, dan blended learning pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Bangunrejo, Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yaitu XI 6, XI, 7, XI 8, dan XI 9 dengan sampel kelas XI 6, XI 7, dan XI 8 yang didapat menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Uji coba instrumen dengan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis yang digunakan adalah analysis of varians (ANOVA) satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran tatap muka sebesar 82,63; (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan Google Classroom sebesar 74,84; (3) rata-rata hasil belajar siswa menggunakan blended learning sebesar 77,56; dan (4) hasil analysis varians (ANOVA) menunjukkan signifikasi sebesar 0,039. Tingkat signifikansi tersebut kurang dari 0,05. Tingkat tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan dengan pembelajaran tatap muka, Google Classroom, dan blended learning pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Bangunrejo. Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran tatap muka, google classroom, blended learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2301713940 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:12
Terakhir diubah: 20 Feb 2023 03:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69580

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir