PENGARUH KEGIATAN BERMAIN KARTU EMOSI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TPP CAHAYA INSAN CENDEKIA (CIC) BANDAR LAMPUNG

DIA , RAHMA DEWI (2023) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN KARTU EMOSI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TPP CAHAYA INSAN CENDEKIA (CIC) BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ASBTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1181Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1002Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini antara lain kemampuan berbicara anak yang masih kurang dalam mengungkapkan pendapat, anak cenderung pasif, anak masih ragu saat berbicara dan anak belum bisa menjawab pertanyaan yang sesuai dengan tema yang dibahas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain kartu emosi terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuanitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 50 anak yang memiliki usia 5-6 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 0,30 yang memiliki arti bahwa pengaruh bermain kartu emosi terhadap kemampuan berbicara anak berada pada kategori sedang. Kemudian, hasil pengujian menggunakan uji independent t test mendapatkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan bermain kartu emosi berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK TPP Cahaya Insan Cendekia (CIC) Bandarlampung. Kata Kunci: anak usia dini, kemampuan berbicara, bermain kartu emosi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 2301832441 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2023 08:29
Terakhir diubah: 20 Feb 2023 08:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69644

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir