ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PEMILIHAN METODE PEMBERANTASAN JENTIK Aedes sp. UNTUK MENCEGAH INFEKSI DEMAM BERDARAH DENGUE DI KECAMATAN RAJABASA, KOTA BANDAR LAMPUNG

Rana , Noor Fakhira Siregar (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PEMILIHAN METODE PEMBERANTASAN JENTIK Aedes sp. UNTUK MENCEGAH INFEKSI DEMAM BERDARAH DENGUE DI KECAMATAN RAJABASA, KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1341Kb)
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1120Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Indonesia merupakan wilayah endemis penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Provinsi Lampung tercatat sebagai Provinsi ke 7 dengan kasus DBD terbanyak di Indonesia. Angka kejadian penyakit DBD di Provinsi Lampung terpantau fluktuatif dan penyebarannya semakin luas. Untuk menurunkan angka kejadian DBD, dilakukan kegiatan pemberantasan jentik Aedes sp. yang keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh perilaku masyarakat. Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pemilihan metode pemberantasan jentik Aedes sp. untuk mencegah infeksi demam berdarah dengue di Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung. Metode: Menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian sebanyak 105 sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis yang dilakukan adalah analisis univariat, analisis bivariat dengan chi-square dan fisher’s exact test, serta analisis multivariat dengan regresi logistik berganda. Hasil: Tidak ada hubungan usia (p=0,243), jenis kelamin (p=1,000), dan pekerjaan (p=0,606) terhadap perilaku pemlihan metode pemberantasan jentik Aedes sp. serta didapatkan adanya hubungan tingkat pendidikan (p=0,000), jumlah pendapatan (p=0,040), tingkat pengetahuan (p=0,000), dan sikap (p=0,026) terhadap perilaku pemlihan metode pemberantasan jentik Aedes sp. Didapatkan juga bahwa tingkat pendidikan (β=14,630, p=0,000) merupakan faktor yang paling dominan. Simpulan: Variabel yang berhubungan dengan perilaku pemilihan metode pemberantasan jentik Aedes sp. yaitu tingkat pendidikan, jumlah pendapatan, tingkat pengetahuan, dan sikap, sedangkan variabel usia, jenis kelamin, dan pekerjaan tidak didapatkan adanya hubungan. Faktor yang paling dominan terhadap perilaku pemilihan metode pemberantasan jentik Aedes sp. adalah variabel tingkat pendidikan. Kata Kunci: Determinan sosial kesehatan, perilaku pemilihan metode pemberantasan jentik Aedes sp., sikap, tingkat pengetahuan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301652799 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2023 08:37
Terakhir diubah: 20 Feb 2023 08:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69650

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir