Peningkatan Kemampuan Membacakan Berbagai Teks Perangkat Upacara Melalui Penerapan Teknik Pelatihan Terbimbing Siswa Kelas VII 3 SMP Negeri 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Lindawati, 1013116010 (2013) Peningkatan Kemampuan Membacakan Berbagai Teks Perangkat Upacara Melalui Penerapan Teknik Pelatihan Terbimbing Siswa Kelas VII 3 SMP Negeri 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
moto lindawati.pdf

Download (858Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuaan membacakan berbagai teks perangkat upacara melalui teknik pelatihan terbimbing pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gadingrejo 2012/2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membacakan berbagai teks perangkat upacara melalui teknik pelatihan terbimbing siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gadingrejo tahun pelajaran 2012/2013. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian, dan refleksi. Data hasil observasi dari setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian kemampuan membacakan berbagai teks perangkat upacara pada setiap siklus terdapat peningkatan. Prasiklus nilai rata-rata siswa 60,00 siswa yang sudah mencapai KKM 11 orang dengan persentase 36,67% siswa yang belum mencapai KKM Lindawati 19 orang dengan persentase 63,33%. Siklus 1 nilai rata-rata siswa 66,00 siswa yang mencapai KKM 14 orang dengan persentase 46,67%, dan yang beum mencapai KKM 16 orang dengan persentase 53,33%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 76,00 siswa yang mencapai KKM 26 orang dengan persentase 86,67%, siswa yang beum mencapai KKM 4 orang dengan persentase 13,33%. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus 1 meningkat 10% dan dari siklus 1 ke siklus II sebesar 50%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa teknik pelatihan terbimbing dapat meningkatan kemampuan siswa dalam membacakan berbagai teks perangkat upacara pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gadingrejo sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu tercapai KKM sekolah untuk mata pelajaran bahasa Indonesia 70,00.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 10 Feb 2015 05:51
Terakhir diubah: 10 Feb 2015 05:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6974

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir