PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BACAAN MELALUI TEKNIK DISKUSI SISWA KELAS VII-8 SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 GADINGREJO PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

BAMBANG SULISTYO, 1013116001 (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BACAAN MELALUI TEKNIK DISKUSI SISWA KELAS VII-8 SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 GADINGREJO PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
PTK BAMBANG SULITYO 1013116001.pdf

Download (1290Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Membaca adalah keterampilan berbahasa yang cukup penting. Kemampuan seseorang membaca dapat ditandai oleh kemampuan memahami isi bacaan. Untuk mencapai kemampuan yang diinginkan dalam membaca, siswa harus dilatih dan diajari teknikteknik membaca yang tepat, termasuk cara menyimpulkan isi bacaan. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Aspek yang diamati pada tiap siklus adalah hasil belajar siswa, aktivitas guru, dan proses pembelajaran menyimpulkan isi bacaan melalui teknik diskusi. Sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas, kemampuan siswa menyimpulkan isi bacaan masih rendah atau belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 70,00. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajran menyimpulkan isi bacaan melalui teknik diskusi pada siswa kelas VII-8 SMP Negeri 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2012/2013, dengan subjek penelitian berjumlah 32 siswa yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Hasil penelitian kemampuan menyimpulkan isi bacaan, setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa 66,59 dengan persentase ketuntasan 40,63%, siswa yang mencapai KKM 13 siswa dan yang tidak mencapai KKM 19 siswa. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa 80,28 dengan persentase ketuntasan 81,25%, siswa yang mencapai KKM 26 siswa dan yang tidak mencapai KKM 6 siswa. Dari kedua siklus yang diterapkan, terjadi peningkatan kemampuan siswa menyimpulkan isi bacaan. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 13,69, peningkatan persentasenya 40,62%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 13 siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus II, bahwa teknik diskusi yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi bacaan pada siswa kelas VII-8 SMP Negeri 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Feb 2015 03:26
Terakhir diubah: 25 Mar 2015 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6979

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir