PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BERITA YANG DIBACAKAN MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Rif ‘Atul Wadaah, 1013066014 (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BERITA YANG DIBACAKAN MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
PTK Rif 'Atul Wadaah.pdf

Download (2500Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menyimpulkan isi berita yang dibacakan dengan menggunakan teknik diskusi pada siswa kelas VII SMP Negeri 31 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi berita yang dibacakan melalui metode diskusi pada siswa kelas VII SMP Negeri 31 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam menyimpulkan isi berita yang dibacakan adalah tes tertulis dan non-tes. Tes tertulis digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi berita, yaitu dengan angka, sedangkan non-tes adalah tes yang menggunakan lembar observasi aktivitas siswa ii ii dan kuis kegiatan refleksi yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pembelajaran menyimpulkan isi berita yang dibacakan mengalami peningkatan. Pada pra siklus, kemampuan menyimpulkan isi berita yang dibacakan diperoleh nilai rata-rata 55,70, sedangkan sekolah menetapkan KKM 62,00. Siklus I diperoleh nilai rata-rata 60,81 tergolong kategori cukup atau mengalami peningkatan sebesar 9,17 %, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 74,11 tergolong kategori baik, mengalami peningkatan sebesar 21,87 %. Demikian halnya dengan aktivitas siswa, sebelum siklus I, siswa masih banyak yang kurang bersemangat dalam pelajaran menyimpulkan isi berita. Pada siklus I siswa mulai lebih aktif setelah diterapkan metode diskusi. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas positif siswa mencapai 64 % dengan kategori cukup dan 25 siswa dari 37 siswa menyatakan lebih bersemangat dalam menyimpulkan isi berita dengan menggunakan metode diskusi. Pada siklus II aktivitas positif siswa mencapi 81 % dengan kategori sangat baik, serta seluruh siswa menyatkan lebih bersemangatdalam menyimpulkan isi berita dengan menggunakan metode diskusi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi berita pada siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Feb 2015 03:25
Terakhir diubah: 16 Feb 2015 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6988

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir