PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOSEN UNTUK PENGENALAN TARI SIGEH PENGUTEN DI SANGGAR TARI TANGGAI LAMPUNG

KHARISMA , RIZKI RHAMADANI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOSEN UNTUK PENGENALAN TARI SIGEH PENGUTEN DI SANGGAR TARI TANGGAI LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (466Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3988Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan Mosen serta mengetahui kelayakan dan kemenarikan Mosen sebagai media pembelajaran berbasis cetak visual dengan tampilan kartun. Tujuan tersebut sebagai upaya pelestarian budaya dengan meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap nama ragam gerak tari Sigeh Penguten di Sanggar Tari Tanggai Lampung. Pengembangan media pembelajaran Mosen atau Monopoli Sigeh Penguten dilakukan dengan metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) serta menggunakan empat tahap pengembangan dari model 4D oleh Thiagarajan yakni: Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, tes, wawancara, dan penyebaran angket yang dihitung dan diakumulasikan ke dalam kategori kemenarikan dan kelayakan menggunakan skala Likert, sehingga Mosen yang telah dikembangkan dalam penelitian ini mendapatkan hasil mengenai kelayakan dan kemenarikan. Hasil yang didapatkan adalah hasil persentase kelayakan dari Ahli Materi sebesar 75% dengan kategori “Layak” dan 88% dari Ahli Media yang dikategorikan “Sangat Layak”. Sedangkan persentase kemenarikan didapatkan dari peserta didik dan pendidik di Sanggar Tari Tanggai Lampung. Peserta didik menilai kemenarikan Mosen adalah sebesar 89% dengan kategori “Sangat Menarik” dan pendidik memberikan nilai sebesar 80% yang dapat dikategorikan “Menarik”. Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, monopoli, tari Sigeh Penguten

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2301200825 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:48
Terakhir diubah: 23 Feb 2023 01:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69896

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir