PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADASISWA SMP NEGERI 11 BANDARLAMPUNG KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN 2010/2011

Nurhasanudin, 0913066011 (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADASISWA SMP NEGERI 11 BANDARLAMPUNG KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN 2010/2011. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN ABSTRAK.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lampiran dan Daftar Isi Hasanuddin.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lampiran Nurhasanuddin.pdf

Download (203Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PTK Hasanuddin.pdf

Download (306Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis puisi melalui teknik pemanfaatan lingkungan sekolah pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan teknik pemanfaatan lingkungan sekolah pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII, berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri atas tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi, sedangkan non tes dipergunakan untuk hasil pembelajaran yang terjadi, dalam proses pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik pemanfaatan lingkungan sekolah. Hal-hal yang dinilai dalam penelitian ini adalah diksi, pengimajian, kata konkret, bahasa figuratif, dan versifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan. Pembelajaran menulis puisi ini menggunakan teknik pemanfaatan lingkungan sekolah. Pada prasiklus kemampuan menulis puisi diperoleh nilai rata-rata 62,62. Sedangkan sekolah menetapkan KKM adalah 67,00. Siklus I diperoleh nilai rata-rata 65,18 tergolong kategori cukup atau mengalami peningkatan sebesar 4,69%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75,00 tergolong kategori baik, mengalami peningkatan 10,25%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 10 Feb 2015 05:51
Terakhir diubah: 10 Feb 2015 05:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6990

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir