PERAN FRIENDS OF THE EARTH INTERNATIONAL (FOEI) DALAM STRATEGI ADVOKASI PADA KONFLIK PULAU PARI, KEPULAUAN SERIBU 2017-2020

Muhammad Agung, Septyanto (2023) PERAN FRIENDS OF THE EARTH INTERNATIONAL (FOEI) DALAM STRATEGI ADVOKASI PADA KONFLIK PULAU PARI, KEPULAUAN SERIBU 2017-2020. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2127Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1267Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Indonesia merupakan Negara Kepulauan yang memiliki konflik agraria, salah satunya konflik tanah di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Kriminalisasi dan intimidasi terhadap nelayan dan masyarakat atas klaim hak tanah di Pulau Pari ini telah berlangsung selama 40 tahun, dan kurang mendapat perhatian negara. Lemahnya respon pemerintah pusat atas konflik agraria ini menyebabkan Friends of the Earth International (FoEI) sebagai International Non-Governmental Organization (INGO) mengambil peran dalam melakukan strategi advokasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran FoEI dalam strategi advokasi di Pulau Pari pada tahun 2017-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan konseptual yakni strategi advokasi dan INGO. Pendekatan deskriptif digunakan untuk melihat guna menjawab pertanyaan penelitian alur logika deduktif dengan mengumpulkan data⠀primer dan sekunder. Data primer⠀peneliti peroleh dari⠀hasil observasi dan⠀wawancara, sementara data sekunder berasal dari studi dokumen terkait upaya FoEI dalam upaya melakukan strategi advokasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ada beberapa kegiatan FoEI yang cenderung membantu melalui strategi advokasi seperti direct pressure, indirect pressure, policy lobbying dan alternative policy. FoEI sebagai INGO juga cenderung membantu melalui sebagai aktor, pemberi ide, maupun pemberi kontribusi dalam membuat kebijakan. Namun, meskipun begitu, upaya FoEI dalam hal ini masih belum maksimal dikarenakan ada beberapa kegiatan yang tidak sesuai dengan strategi advokasi yang dijalankan seperti melepas warga untuk melakukan strategi advokasi secara mandiri. Kata Kunci: International Non-Governmental Organization, Friends of The Earth International, strategi advokasi, Pulau Pari.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2301907506 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:09
Terakhir diubah: 23 Feb 2023 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69903

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir