STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENGHADAPI KELUHAN PELANGGAN PRODUK INDIHOME DI PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK BANDAR LAMPUNG

BERTA, SANDRA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENGHADAPI KELUHAN PELANGGAN PRODUK INDIHOME DI PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1533Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1031Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Layanan IndiHome telah menjadi produk yang dibutuhkan oleh masyarakat Bandar Lampung seiring dengan kemajuan teknologi. Meskipun IndiHome telah sukses meraih banyak pelanggan di Bandar Lampung, namun tidak menutup kemungkinan pelanggan IndiHome masih memiliki banyak masalah mengenai layanan maupun masalah teknis yang mengecewakan pelanggan sehingga menimbulkan keluhan pelangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi pada customer relationship management dalam menghadapi keluhan pelanggan produk IndiHome di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandar Lampung. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Informan pada penelitian ini berjumlah delapan orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyampaian keluhan pelanggan IndiHome di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandar Lampung dapat dilakukan dengan enam cara yaitu melalui kolom surat kabar, media sosial, customer service 147, plasa Telkom, aplikasi MyIndihome, dan melalui call center area Lampung di 0721. Untuk melihat status pelanggan aktif atau pasif dapat diakses melalui aplikasi isiska, IndiHome di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandar Lampung bekerja sama dengan region operation (ROC), witel operation (WOC) dan PT. TA sebagai mitra teknisi lapangan. Selain itu, IndiHome di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Bandar Lampung memberikan jaminan, diskon atau pelayanan terbaik apabila terdapat pelanggan yang tidak puas atas pelayanan yang diberikan atau kareana terjadi keterlambatan dalam penyelesaian komplain. Kemudian pihak IndiHome melakukan evaluasi dengan mengecek kembali apakah keluhan sudah dilaksanakan dengan tuntas dengan cara caring simpatik yang di lakukan oleh pihak customer care. Kata kunci : Keluhan, Pelanggan, Strategi dan Komunikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301748119 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:28
Terakhir diubah: 23 Feb 2023 02:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69912

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir