ANALISIS PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KESIAPAN KEBENCANAAN PADA GURU SMA NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

SILVIA , DERLY ANGGRAENI (2022) ANALISIS PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KESIAPAN KEBENCANAAN PADA GURU SMA NEGERI 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2343Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2638Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2642Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya kemampuan guru dalam mengidentifikasi kondisi psikologis, memberikan dukungan fisik dan emosional kepada peserta didik sesuai PFA. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menyajikan gambaran deskriptif mengenai tingkat pengetahuan dan keterampilan kesiapan kebencanaan pada guru SMA Negeri 2 Kalianda. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 69 guru dan sampel 31 guru dengan menggunakan teknik random sampling. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner analisis pengetahuan dan keterampilan kesiapan kebencanaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan dan keterampilan kesiapan kebencanaan pada guru di SMA Negeri 2 Kalianda sebesar 87% berada pada kategori tinggi dengan frekuensi 27 guru, 13% berada pada kategori sedang dengan frekuensi 4 guru dan tidak ada guru yang berada pada kategori rendah. Kata kunci: kesiapan kebencanaan, pengetahuan kebencanaan, keterampilan kebencanaaan The problem in this research was the low ability of teachers to identify the psychological conditions of students who are at risk of disaster and the lack of ability to provide physical and emotional support to students according to PFA. The purpose of this research is to present a descriptive picture of the level of knowledge and skills in disaster preparedness for SMA Negeri 2 Kalianda teachers. This research method uses descriptive quantitative and analyzed using descriptive statistical analysis. The population in this research amounted to 69 teachers and a sample of 31 teachers using a random sampling technique. Data collection in this research used a questionnaire analyzing disaster preparedness knowledge and skills. Based on the results of the research it was found that the level of knowledge and skills in disaster preparedness for teachers at SMA Negeri 2 Kalianda was high. With the results, 27 teachers are in the high category with a percentage of 87%, 4 teachers are in the medium category with a percentage of 13%, and no teachers are in the low category. Keywords:disaster preparedness, disaster knowledge, disaster skills

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2301899440 . Digilib
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:54
Terakhir diubah: 02 Mar 2023 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70019

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir