PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP N 1 WAY TENONG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

FEBRI , PREDITA WULANDARI (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP N 1 WAY TENONG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2110Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1936Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media e-booklet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP N 1 Way Tenong pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain melalui pretest posttest quasi eksperimen nonequivalent control group design. Jenis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Way Tenong dan sampel diambil 2 kelas secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Kelas VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan teknik instrumen tes dan angket. Instrumen tes dalam bentuk soal pilihan jamak sebanyak 20 soal yang dibuat menggunakan empat aspek indikator berpikir kritis yaitu: memberikan penjelasan sederhana, membuat penjelasan lebih lanjut, mengatur strategi, teknik dan menyimpulkan. Instrumen angket berisi pertanyaan terkait respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan e-booklet. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang artinya <0,05, dan kelas eksperimen memperoleh hasil rata-rata N-gain sebesar 0,4184 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor N-gain 0,2789 dengan kategori rendah. Hasil angket tanggapan siswa memperoleh rata-rata presentase 70% dalam kategori diterima dengan baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media e-booklet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Kata kunci: Media e-booklet, kemampuan berpikir kritis, materi pencemaran lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301356531 . Digilib
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:18
Terakhir diubah: 10 Mar 2023 01:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70067

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir