PENGARUH COMPOST TEA (CT) SERAT BROMELAIN TERINDUKSI FUNGI Trichoderma sp. (Bioggp 2) dan Aspergillus sp. (Bioggp 3) TERHADAP PERTUMBUHAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptans Poir.)

Masnoni Firda Safira, 1817021067 (2023) PENGARUH COMPOST TEA (CT) SERAT BROMELAIN TERINDUKSI FUNGI Trichoderma sp. (Bioggp 2) dan Aspergillus sp. (Bioggp 3) TERHADAP PERTUMBUHAN KANGKUNG DARAT (Ipomoea reptans Poir.). Fakultas Matemaika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (3275Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1666Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1669Kb) | Preview

Abstrak

Limbah industri buah nanas (Ananas comosus L.) meningkat seiring denganpeningkatan produksinya. Limbah yang dihasilkan yaitu berupa kulit, bonggol, danserat bromelain. Serat bromelain merupakan hasil ekstraksi enzim bromelain darilimbah nanas. Serat bromelain mengandungan ligninoselulosa yang memilikibanyak manfaat untuk lingkungan, akan tetapi sulit terdegradasi secara alamisehingga memerlukan agen dekomposer. Agen dekomposer yang digunakan padapenelitian ini yaitu fungi selulolitik Aspergillus sp. (Bioggp 3) dan ligninolitikTrichoderma sp. (Bioggp 2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhCompost Tea (CT) serat bromelain yang terinduksi fungi tersebut danmemperoleh dosis Compost Tea (CT) terbaik terhadap pertumbuhan kangkung darat (Ipomoea reptans Poir.). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli2022 di Laboratorium Mikrobiologi FMIPA Unila. Penelitian dilaksanakanmenggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 4 kaliulangan. Parameter yang diukur yaitu pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah dauntanaman, berat basah, berat kering tanaman, kadar klorofil a; b; dan ab, serta rasioakar dan pucuk. Data yang diperoleh dianalasis varians (ANOVA) pada α = 5%dilanjut dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan selang kepercayaan 5%.Hasil penelitian ini menunjukan pemberian CT (ACT dan NACT) memberikanpengaruh terhadap tinggi, jumlah daun, berat basah, berat kering, kadar klorofil,dan rasio A/T kering. Serta ditemukannya dosis terbaik CT yaitu ACT 50% Kata kunci : Aspergilus sp., Bromelain, Compost Tea, Tanaman Kangkung Darat, dan Trichoderma sp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2301612270 . Digilib
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:31
Terakhir diubah: 16 Mar 2023 02:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70118

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir