PENDUGAAN UMUR SIMPAN DENGAN METODE ACCELERATED SHELF LIFE TESTING (ASLT) PENDEKATAN ARRHENIUS PADA HAND SANITIZER GEL DAUN WARU (HIBISCUS TILIACEUS)

Puan , Mutia Ayunisa (2023) PENDUGAAN UMUR SIMPAN DENGAN METODE ACCELERATED SHELF LIFE TESTING (ASLT) PENDEKATAN ARRHENIUS PADA HAND SANITIZER GEL DAUN WARU (HIBISCUS TILIACEUS). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1958Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1803Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hand sanitizer gel daun waru merupakan inovasi cairan pembersih tangan alami yang rendah alkohol. Produk dengan ekstrak alami masih rentan terhadap kerusakan sehingga perlu dilakukan pendugaan umur simpan. Pendugaan umur simpan sangat diperlukan bagi produsen dan konsumen karena berhubungan dengan mutu serta kualitas produk. Salah satu cara untuk mengetahui umur simpan produk adalah dengan melakukan pendugaan umur simpan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui umur simpan hand sanitizer gel ekstrak daun waru menggunakan metode ASLT (Accelerated Shelf Life Testing) dengan pendekatan Arrhenius. Hand sanitizer daun waru disimpan pada kondisi suhu penyimpanan, yaitu 30oC, 35oC, dan 40oC selama 18 hari dengan dua kali ulangan. Data penelitian diperoleh melalui metode eksperimen dengan mengadakan pengamatan langsung (pH, tekstur, aroma, warna, dan tingkat penyerapan) terhadap objek penelitian, lalu menggunakan software Microsoft Excel 2019 untuk menghitung umur simpan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hand sanitizer daun waru memiliki umur simpan selama 108,48 hari (3,17 bulan) pada suhu 30oC. Kata kunci: ASLT, Arrhenius, Daun Waru, Hand Sanitizer, Umur Simpan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 2301571344 . Digilib
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:41
Terakhir diubah: 16 Mar 2023 02:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70121

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir