NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Dhaivina, Gustiani Putri (2023) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (949Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1057Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori dan rancangan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ialah novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Data penelitian ini ialah data kualitatif yang terdapat pada bagian teks novel berupa peristiwa, ucapan atau tindakan tokoh. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori terdiri atas lima nilai pokok yaitu nilai religius berupa sikap melaksanakan ajaran agama; nilai nasionalis berupa jiwa patriotisme, rela berkorban, kepedulian terhadap bangsa, semangat kebangsaan, cinta tanah air, serta menegakkan keadilan dan hak kemanusiaan rakyat Indonesia; nilai mandiri berupa sikap berani, menjadi pembelajar sepanjang hayat, kerja keras, tidak bergantung pada orang lain, dan etos kerja; nilai gotong royong berupa sikap komitmen atas keputusan bersama, kerelawanan, kerja sama, tolong menolong, ssolidaritas, empati, dan saling menghargai; nilai integritas berupa sikap dapat diandalkan dalam perkataan dan tindakan, tanggung jawab, menghargai martabat manusia, jujur, dan berkomitmen, (2) hasil penelitian dapat dijadikan sebagai rancangan pembelajaran sastra di SMA kelas XII dengan KD 3.7 Menilai isi buku fiksi atau buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca dan KD 4.7 Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara tulis maupun lisan. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel, Rancangan Pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 800 Kesusastraan, retorika, dan kritikan > 807 Pendidikan, riset penelitian dan topik terkait kesusastraan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301048122 . Digilib
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:28
Terakhir diubah: 27 Mar 2023 02:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70186

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir