IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH (SIPD) DALAM MEWUJUDKAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH YANG BERKUALITAS (Studi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tulang Bawang)

Rizki , Nanda Pratama (2023) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH (SIPD) DALAM MEWUJUDKAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH YANG BERKUALITAS (Studi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tulang Bawang). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1977Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1486Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perencanaan yang berkualitas diperlukan agar pembangunan dapat terlaksana dengan baik yang didukung dengan ketersediaan data dan informasi yang lengkap dan akurat. Namun masih terbatasnya ketersediaan data dan informasi yang akurat dapat menghambat tercapainya perencanaan pembangunan yang berkualitas termasuk data yang ada pada BAPPEDA Kabupaten Tulang Bawang. Oleh karena itu pemerintah mengeluarkan kebijakan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019. SIPD adalah sebuah sistem yang dibuat sebagai wujud pemanfaatan dan merealisasikan teknologi dalam perencanaan. Implementasi SIPD peneliti analisis melalui teori implementasi dari George C. Edward yang bertujuan untuk mengetahui implementasi SIPD dalam mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas di Kabupaten Tulang Bawang serta mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dari pelaksanaan kebijakan SIPD di BAPPEDA Kabupaten Tulang Bawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan SIPD yang di terapkan BAPPEDA Kabupaten Tulang Bawang menghasilkan perencanaan pembangunan yang berkualitas. Hal tersebut diukur melalui proses penyusunan dokumen perencanaan, empat indikator perencanaan pembangunan yang berkualitas dari BAPPEDA, serta empat faktor yang mempengaruhi implementasi dari teori Edward III yakni komunikasi, sumber daya, disposisi, serta struktur birokrasi. Meskipun begitu, terdapat faktor penghambat dalam mengimplementasikan SIPD yaitu sumber daya manusia yang kurang berkompeten, informasi tentang kepatuhan pelaksana yang kurang lengkap, serta fasilitas mengenai jaringan yang kurang stabil. Kata Kunci : Implementasi, SIPD, Perencanaan Pembangunan, Berkualitas

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2301608512 . Digilib
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:08
Terakhir diubah: 27 Mar 2023 06:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70194

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir