NILAI SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN TRILOGI ALINA KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ANNISA DIAH PERTIWI, 1813041045 (2023) NILAI SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN TRILOGI ALINA KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1112Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1686Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1687Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan niai-nilai sosial dalam kumpulan cerpen Trilogi Alina karya Seno Gumira Ajidarma dan kaitannya sebagai rancangan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitiatif. Sumber data yang digunakan, yaitu kumpulan cerpen Trilogi Alina karya Seno Gumira Ajidarma. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa kata, frasa, maupun kalimat dalam cerpen. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui teknik analisis isi teks untuk mendeskripsikan data-data mengenai nilai-nilai sosial berdasarkan pendapat Zubaedi melalui pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce dengan batasan indeks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kumpulan cerpen Trilogi Alina karya Seno Gumira Ajidarma memuat nilai-nilai sosial, yaitu nilai kasih sayang (kepedulian, pengabdian, tolong menolong, kesetiaan, dan kekeluargaan), nilai tanggung jawab (nilai rasa memiliki, disiplin, dan empati), dan nilai keserasian hidup (keadilan dan kerja sama). Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai rancangan pembelajaran untuk kelas XI SMA. Kata kunci: Nilai sosial, Trilogi Alina, semiotika, rancangan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301841869 . Digilib
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:08
Terakhir diubah: 28 Mar 2023 02:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70200

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir