DIKSI DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI YOUTUBE SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

ZAZILA , ZIANI (2023) DIKSI DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI YOUTUBE SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2523Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2415Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini membahas diksi dalam iklan layanan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 di youtube serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan diksi dalam iklan iklan layanan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 di youtube dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah 13 video iklan layanan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 di youtube publikasi Maret 2020 – Maret 2021. Data dalam penelitian berupa kata yang digunakan dalam iklan layanan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 di youtube. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, pengamatan dan mencatat. Teknik analisis data dalam penelitian ini antara lain mentranskripsikan tuturan dalam iklan, mengidentifikasi diksi yang digunakan dalam iklan, mengklasifikasi dan menganalisis diksi, memberi kode, mendeskripsikan implikasi penelitian, dan membuat simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diksi dalam iklan layanan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 didominasi oleh kata populer bidang kesehatan dan yang paling sedikit adalah kata atau frasa asing. Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP sebagai sumber belajar pada kompetensi dasar 3.3 mengindentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan kompetensi dasar 4.3 menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber. Kata kunci : diksi, iklan layanan masyarakat, kata populer

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301226438 . Digilib
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:11
Terakhir diubah: 29 Mar 2023 07:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70250

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir