ANALISIS PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA MODIFIKASI KNALPOT SEPEDA MOTOR (Studi di Polresta Bandar Lampung)

JOSE PERNANDES , TOGATOROP (2023) ANALISIS PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA MODIFIKASI KNALPOT SEPEDA MOTOR (Studi di Polresta Bandar Lampung). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (974Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (875Kb) | Preview

Abstrak

Melakukan modifikasi knalpot sepeda motor melanggar ketentuan dalam UndangUndang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penegakan hukum pidana terhadap tindak pidana modifikasi knalpot sepeda motor di Bandar Lampung dan apakah faktor-faktor yang mempengaruhi penegakan hukum pidana terhadap tindak pidana modifikasi knalpot sepeda motor di Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif dan yuridis empiris dengan sumber data primer dan sumber data sekunder. Data dikumpulkan melalui studi pustaka dan studi lapangan. Berdasarkan penelitian, proses penegakan hukum pidana terhadap tindak pidana modifikasi knalpot sepeda motor saat ini dilakukan secara terus menerus baik dilakukan secara aktif maupun secara pasif. Penegakan hukum pidana secara aktif dilakukan melalui proses razia dan patroli rutin oleh Satlantas. Penegakan hukum pidana secara pasif dilakukan dengan menggunakan media tilang elektronik. Faktor dominan yang mempengaruhi penegakan hukum pidana terhadap tindak pidana modifikasi knalpot adalah faktor penegak hukum dan faktor masyarakat. Faktor penegak hukum karena kurangnya disiplin yang dimiliki oleh Satlantas dalam melakukan patroli rutin dan proses penegakan hukum yang dilakukan tidak merata. Faktor masyarakat karena kurangnya kesadaran hukum masyarakat. Saran dalam penelitian ini adalah agar Satlantas Polresta Bandar Lampung memaksimalkan penegakan hukum secara aktif dan secara pasif. Penegakan hukum secara aktif misalnya melakukan patroli yang rutin dan penegakan hukum secara pasif misalnya dengan memanfaatkan media tilang elektronik. Selain itu, supaya aparat penegak hukum meningkatkan kualitas kerja dan pengetahuan hukum masyarakat agar dapat ditingkatkan untuk menghindari tindak pidana lalu lintas. Kata Kunci : Penegakan Hukum Pidana, Modifikasi Knalpot.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 345 Hukum pidana
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2301728140 . Digilib
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:27
Terakhir diubah: 30 Mar 2023 06:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70275

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir