IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METERAI DALAM PERJANJIAN E-COMMERCE (Studi pada PT. Shopee International Indonesia)

Bintang Mahacakri, Lisan Putri (2023) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METERAI DALAM PERJANJIAN E-COMMERCE (Studi pada PT. Shopee International Indonesia). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Era digital saat ini banyak masyarakat yang beranggapan bahwa tanpa meterai, maka perjanjian/kontrak yang telah dibuat akan menjadi tidak sah dan karena hal tersebut tidak sedikit masyarakat yang rela membuat ulang perjanjian mereka. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Bea Meterai pada dasarnya telah mengakomodir bahwa setiap dokumen cetak maupun elektronik dengan nilai diatas Rp. 5.000.000,- seharusnya dikenakan bea meterai namun hal tersebut masih tidak sesuai pada praktiknya di dunia e-commerce. Adapun yang menjadi rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah implementasi penggunaan meterai dalam perjanjian e-commerce khususnya di perusahaan Shopee serta apa saja yang menjadi faktor-faktor penghambat dalam mengimplementasikannya. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Tipe pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan cara pemeriksaan data, rekontruksi data dan sistematis data. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif terhadap data primer dan data sekunder. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu bahwa implementasi penggunaan meterai yang telah ditentukan pada Pasal 2 Undang-Undang No.10 Tahun 2020 Tentang Bea Meterai pada dasarnya sudah pernah di uji terapkan oleh perusahaan Shopee namun tidak dapat dilanjutkan karena proses penggunaan materai yang rumit. Faktor-faktor penghambat dalam implementasi penggunaan meterai pada saat ini penggunaan bea materai tidak diterapkan oleh pihak e-commerce khususnya berkesinambungan dengan belum adanya kewajiban bagi pihak e-commerce dalam hal penggunaan meterai di dalam perjanjian e-commerce. Kata Kunci: Perjanjian, E-Commerce, Meterai.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 343 Hukum militer, pertahanan, keuangan publik, pajak, perdagangan (perdagangan), hukum industri
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2301324835 . Digilib
Date Deposited: 03 Apr 2023 06:10
Terakhir diubah: 03 Apr 2023 06:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70347

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir