PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI

AESTI, MEILANDARI (2023) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 8 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 50 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi liner berganda berbantuan SPSS diperoleh nilai signifikansi 0,000 < α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir logis secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri. Kata kunci: berpikir kritis, berpikir logis, hasil belajar The problem in this research is the low learning outcomes of fifth grade students at SD Negeri 8 Metro Timur. The purpose of this study was to determine the effect of critical thinking skills and logical thinking skills on student learning outcomes. This type of research is a quasi-experimental design with a nonequivalent control group design. The research population consisted of 50 students. The determination of the research sample uses a saturated sample, where all members of the population are used as samples. Data collection techniques using test techniques. The results of testing the hypothesis using the SPSS-assisted multiple linear regression formula obtained a significance value of 0.000 <α = 0.05. The results of the study showed that there was an influence of critical thinking skills and logical thinking skills together on the learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri. Keywords: critical thinking, logical thinking, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301701763 . Digilib
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:08
Terakhir diubah: 04 Apr 2023 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70377

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir