DINI , PRIMARIANTI (2023) TINDAK KO NSTATIF DALAM PO DCAST DEDDY CORBUZIER BE RSAMA NADIEM MAKARIM DAN IMPLIKASINYA PADA PE MBELAJARAN TE KS E KS PO SISI KELAS X DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah Tindak Konstatif dalam Podcast Deddy Corbuzier bersama Nadiem Makarim dan Implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis Tindak Konstatif pada Percakapan yang terdapat dalam Podcast Deddy Corbuzier bersama Nadiem Makarim dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah tuturan antara Deddy Corbuzier dan Nadiem Makarim dalam Podcast di kanal youtube Deddy Corbuzier. Data penelitiannya adalah Tindak Konstatif yang dilakukan Deddy Corbuzier dan Nadiem Makarim. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis heuristik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ditemukannya tiga belas jenis tindak konstatif dan fungsinya dalam (podcast) Deddy Corbuzier bersama Nadiem Makarim, yaitu asertif, prediktatif, retrodiktif, deskriptif, informatif, konfirmatif, konsesif, rektraktif, asentif, dissentif, responsive, sugestif, dan suppositif. Hasil dari penelitian jenis Tindak Konstatif ini dapat dikaitkan dengan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) menjadi bahan ajar tambahan dan variasi dalam pembelajaran teks eksposisi dengan materi KD 3.3 Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca dan 4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. kata kunci : Tindak konstatif, Deddy Corbuzier, Nadiem Makarim, Implikasi The problem in this study is the constant speech act in the YouTube video (podcast) of Deddy Corbuzier with Nadiem Makarim and its implications for learning Indonesian in class X in high school. This study aims to describe the types of constant speech acts in conversations contained in the YouTube video (podcast) of Deddy Corbuzier with Nadiem Makarim and their implications for learning Indonesian in high school. This study used descriptive qualitative method. The data source in this study is the speech between Deddy Corbuzier and Nadiem Makarim in a youtube video (podcast) on Deddy Corbuzier's youtube channel. The research data are constant speech acts performed by Deddy Corbuzier and Nadiem Makarim. The data collection technique used is a free listening technique, involving conversation and notes. The data analysis technique used is heuristic analysis. The results obtained in this study were the discovery of thirteen types of the constant speech act and their functions in the YouTube video (podcast) of Deddy Corbuzier with Nadiem Makarim, namely assertive, predictive, retrodictive, descriptive, informative, confirmative, concessional, retractive, assertive, dissentive, responsive, suggestive, and supportive. The results of this Constative Action type research can be linked to the implementation of learning plans (RPP) as additional teaching materials and variations in exposition text learning with KD 3.3 Analyze the structure, content (problems, arguments, knowledge, and recommendations), language of exposition texts heard and or read and 4.3 Develop content (problems, arguments, knowledge, and recommendations), the language of the exposition text that is heard and/or read. Key words : Constative speech acts, Deddy Corbuzier, Nadiem Makarim, Implications
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2301578732 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 07:36 |
Terakhir diubah: | 05 Apr 2023 07:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70388 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |