PENGARUH PENYULUHAN PENGOMPOSAN SAMPAH RUMAH TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU MASYARAKAT (Studi Sosiologi Lingkungan pada Ibu Rumah Tangga RT 03 Jayaloka)

NOVITA , SARI (2023) PENGARUH PENYULUHAN PENGOMPOSAN SAMPAH RUMAH TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU MASYARAKAT (Studi Sosiologi Lingkungan pada Ibu Rumah Tangga RT 03 Jayaloka). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1688Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1111Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan pengomposan sampah rumah tangga terhadap pengetahuan dan perilaku masyarakat RT 03 Jayaloka. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan pendekatan one group pretest posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah ibu rumah tangga berjumlah 57 orang. Teknik analisis data yang digunakan berupa observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon sign rank test dengan menggunakan software statistical package for the social science 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluhan pengomposan sampah rumah tangga terhadap pengetahuan berpengaruh positif dengan persentase mencapai 59.7%. Penyuluhan pengomposan sampah rumah tangga terhadap perilaku berpengaruh positif dengan persentase mencapai 10.5%. Rekomendasi pada penelitian ini diharapkan dapat lebih menarik perhatian dari seluruh elemen masyarakat seperti melakukan kegiatan penyuluhan secara berkala sehingga perubahan perilaku dapat terjadi secara signifikan. Kata kunci: Pengetahuan, Penyuluhan Pengomposan Sampah Rumah Tangga, Perilaku.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2301918085 . Digilib
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:08
Terakhir diubah: 06 Apr 2023 06:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70398

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir