ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI, HARGA POKOK PENJUALAN, DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR AGROINDUSTRI KERIPIK PISANG DI KABUPATEN PESAWARAN

NABILAH, ROHMA BALQIS (2023) ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI, HARGA POKOK PENJUALAN, DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR AGROINDUSTRI KERIPIK PISANG DI KABUPATEN PESAWARAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2848Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2318Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya harga pokok produksi, harga pokok penjualan, faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal, serta menyusun strategi pengembangan pasar agroindustri keripik pisang di Kabupaten Pesawaran. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif (harga pokok produksi dan harga pokok penjualan), serta analisis deskriptif kualitatif (SWOT dan QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata harga pokok produksi dengan kapasitas bahan baku 100 Kg sebesar Rp33.838,88/Kg, dan kapasitas bahan baku >100 Kg sebesar Rp22.064,52/Kg. Rata-rata harga pokok penjualan dengan kapasitas bahan baku 100 Kg sebesar Rp35.607,11/Kg, dan kapasitas bahan baku >100 Kg sebesar Rp22.582,45/Kg. Kekuatan utama agroindustri keripik pisang adalah produk berkualitas, sedangkan kelemahan utama agroindustri keripik pisang adalah promosi belum dilakukan secara efektif di luar Kabupaten Pesawaran. Peluang utama adalah kebutuhan dan minat konsumen terhadap produk tinggi, sedangkan ancaman utama adalah permintaan yang tidak pasti. Strategi pengembangan pasar yang menjadi prioritas yaitu (1) pemanfaatan teknologi seperti e-commerce dan sosial media sebagai alat promosi untuk memperluas pasar, (2) peningkatan kualitas produk dengan cara meningkatkan kerjasama dengan pemasok agar unggul dalam persaingan antara produk sejenis, (3) optimalisasi pemanfaatan lokasi usaha untuk meningkatkan volume produksi dengan cara meningkatkan kerjasama dengan pemasok, (4) menetapkan harga jual berdasarkan harga pokok penjualan untuk memperoleh keuntungan maksimal dan dapat bersaing dengan agroindustri sejenis. Kata kunci: harga pokok penjualan, harga pokok produksi, strategi pengembangan pasar.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Agribisnis
Pengguna Deposit: 2301146856 . Digilib
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:10
Terakhir diubah: 06 Apr 2023 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70437

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir