Davin, Sebastian (2023) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN PERKOTAAN DI BEKASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRAVEL TIME RELIABILITY(Studi Kasus : Ruas Jalan Sultan Agung di Kota Bekasi). Fakultas Teknik, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (88Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2927Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1121Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Reliabilitas waktu tempuh adalah satu dari beberapa metode analisis kinerja ruas jalan yang digunakan dengan mengukur tingkat konsistensi waktu perjalanan dalam rentang waktu tertentu. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis sumber penyebab fluktuasi waktu tempuh, fluktuasi kecepatan, dan menganalisis nilai-nilai reliabilitas waktu tempuh menggunakan metode Buffer Time Method pada ruas Jalan Sultan Agung, Bekasi. Data–data yang dikumpulkan menggunakan metode floating car. Proses pengumpulan data yang dilakukan pada hari-hari kerja, yaitu dari hari Senin-Jumat pada pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB. Hasil dari survei memperlihatkan fluktuasi waktu tempuh mengalami peningkatan tertinggi terjadi pada Hari Rabu. Di pagi hari terjadi pada arah Pertokoan Kranji-Simpang HI karena arah tersebut menuju ke pusat Kota Jakarta. Di siang hari, peningkatan fluktuasi waktu tempuh terjadi terjadi pada arah yang sama karena banyaknya aktivitas yang terjadi daripada arah sebaliknya seperti lalu-lalang kendaraan pabrik, anak-anak yang pulang dari sekolah, dan aktivitas pekerja pada jam istirahat siang. Di sore hari, peningkatan terjadi pada arah jalur simpang HI-Pertokoan Kranji karena banyaknya pekerja yang pulang menuju rumah (arah Bekasi) dan banyaknya pedagang kaki lima mulai berjualan dipinggir ruas jalan. Fluktuasi yang terjadi pada ruas jalan tersebut merupakan titik-titik lokasi terjadi kemacetan yang disebabkan oleh (1) aktivitas pabrik terutama keluar dan masuk kendaraan pabrik disepanjang ruas jalan, (2) aktivitas perbelanjaan terutama pada Pertokoan Kranji dan Naga Pasar Swalayan, (3) aktivitas penduduk yang melakukan perjalanan menggunakan kereta (Stasiun KA Kranji), (4) aktivitas lainnya seperti olahraga, pendidikan, kesehatan, dan di sisi jalan seperti pedagang kaki lima dan parkir di sisi jalan. Hasil analisis reliabilitas waktu tempuh dengan metode Buffer Time Method, nilai BTI terbesar terjadi pada Hari Selasa arah Pertokoan Kranji-simpang HI sebesar 0,58. Hal ini menunjukkan kinerja ruas jalan pada hari tersebut paling buruk dari hari-hari kerja lainnya.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | 2301151471 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 02:41 |
Terakhir diubah: | 10 Apr 2023 02:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70462 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |