PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS NATURE OF SCIENCE UNTUK MENSTIMULUS COMPLEX PROBLEM SOLVING DAN NUMERACY SKILLS PADA KONSEP PEMANASAN GLOBAL

LAILI , FAUZIAH (2023) PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS NATURE OF SCIENCE UNTUK MENSTIMULUS COMPLEX PROBLEM SOLVING DAN NUMERACY SKILLS PADA KONSEP PEMANASAN GLOBAL. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3480Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2118Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program pembelajaran berbasis nature of science (NOS) yang valid, praktis, dan efektif. Program pembelajaran berbasis NOS terdiri atas empat produk yang dikembangkan, yaitu 1) silabus, 2) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), 3) elektronik lembar kerja peserta didik (e-LKPD), 4) electronic handout (e-Handout) untuk menstimulus complex problem solving dan numeracy skills. Jenis penelitian ini adalah Design and Development Research (DDR) dengan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji validitas isi dan konstruk penggunaan program pembelajaran sebesar 1) Silabus sebesar 92.3% dengan kategori sangat tinggi 2) RPP sebesar 96.3% dengan kategori sangat tinggi 3) e-LPKD 94.38% dengan kategori dengan kategori sangat tinggi 4) e-Handout sebesar 96.7% dengan kategori sangat tinggi. Uji validitas media dan desain penggunaan program pembelajaran sebesar 1) e-LPKD 93.4% dengan kategori sangat tinggi 2) eHandout sebesar 95.2% dengan kategori sangat tinggi. Hasil kepraktisan program pembelajaran berbasis NOS terkategori sangat tinggi, yaitu keterlaksanaan program pembelajaran dengan skor persentase 100%, uji keterbacaan dengan skor persentase 98.08% dan uji kemenarikan dengan skor persentase 97%. Keefektifan program pembelajaran berbasis NOS mendapat skor N gain sebesar 0.75 dengan effect size sebesar 0.811 dengan kategori tinggi serta sig. 0.000 < 0.05 yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Produk akhir berupa program pembelajaran berbasis nature of science untuk menstimulus complex problem solving dan numeracy skills. Kata kunci: Program pembelajaran, nature of science, complex problem solving, numeracy skills

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301277291 . Digilib
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:07
Terakhir diubah: 10 Apr 2023 03:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70480

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir