PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

KHOFIFA, DWI NURMALA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA dan perbedaan hasil belajar IPA antara kelas ekperimen dan kelas kontrol peserta didik kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dan desain penelitian nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VA dan VB yang berjumlah 42 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan Teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA dan terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada peserta didik kelas V SD Negeri 6 Metro Barat Tahun Pembelajaran 2022/2023. Kata kunci: hasil belajar IPA, model pembelajaran inkuiri, media video The problem in this study the low science learning outcomes of grade V elementary school students. This study aims to determine the effect of inquiry learning model assisted by video media on science learning outcomes and differences in science learning outcomes between experimental and control classes of fifth grade students of SD Negeri 6 Metro Barat. The research method is quasi experimental design and research design nonequivalent control group design. The population of the study was all VA and VB class students which consited 42 students.This research used purposive sampling technique, namely taking samples with certain considerations of 42 students. Data collection techniques used test and non-test techniques. The data analysis used is a simple linear regression test formula and t test. The results of the study indicate that there is an effect of the inquiry learning model assisted by video media on science learning outcomes and there are differences in science learning outcomes between experimental classes and control classes in fifth grade students of SD Negeri 6 Metro Barat in the 2022/2023 Learning Year. Keywords: science learning result, inquiry learning model, video media

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301940384 . Digilib
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:43
Terakhir diubah: 10 Apr 2023 03:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70493

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir