SEKAR, WULAN SARI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 04 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (232Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 04 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalen control grup design. Populasi penelitian berjumlah 38 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Ordinal Pairing. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Instrumen uji coba berjumlah 40 dengan uji validitas berjumlah 25 soal valid dan 15 soal drop. Reliabilitas soal berjumlah 25 soal dengan rhitung = 0,95 artinya sangat kuat. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji statistik t-test sparated varians. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan Fhitung = 5,94 ≥ Ftabel = 4,49. Persentase ketuntasan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 83,3% < 44,4% artinya penggunaan media pembelajaran audio visual dikelas eksperimen lebih efektif. Hal ini menunjukkan bahwa dari adanya uji pengaruh dan perbedaan, terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen. Kata kunci: hasil belajar, media audio visual The problem of this research is the low mathematics learning outcomes of fifth grade students at SD Negeri 04 Metro Barat. The purpose of this study was to describe and analyze the presence of a significant influence on the use of audiovisual learning media on students' mathematics learning outcomes. This type of research is a quantitative research with an experimental approach. The research design used is the non-equivalent control group design. The research population consisted of 38 students. The research sampling technique uses Ordinal Pairing. Data collection techniques with test and non-test techniques. There are 40 test instruments with a validity test of 25 valid questions and 15 drop questions. The reliability of the questions is 25 questions with rcount = 0.95 which means it is very strong. The data analysis technique uses a simple regression test and a statistical test of separated variance t-test. The simple regression test results show Fcount = 5.94 ≥ Ftable = 4.49. The percentage of completeness in the experimental class was higher than that in the control class, namely 83.3% > 44.4%, meaning that the use of audio-visual learning media in the experimental class was more effective. This shows that from the influence and difference tests, there is a significant influence on the use of audio-visual learning media on the learning outcomes of students in the experimental class. Keywords: learning outcomes, audio visual media
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2301509050 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 03:45 |
Terakhir diubah: | 10 Apr 2023 03:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70495 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |