DIPLOMASI PUBLIK BARU JEPANG MELALUI “COOL JAPAN STRATEGY” UNTUK MENDUKUNG KEPENTINGAN NASIONAL JEPANG DI INDONESIA DAN VIETNAM (2015-2020)

TIA, KHARISMA ASNASARI (2023) DIPLOMASI PUBLIK BARU JEPANG MELALUI “COOL JAPAN STRATEGY” UNTUK MENDUKUNG KEPENTINGAN NASIONAL JEPANG DI INDONESIA DAN VIETNAM (2015-2020). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2871Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2874Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN].pdf

Download (2876Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemerintah Jepang telah mengadopsi kebijakan diplomasi publik sejak tahun 2004 yang tercantum dalam Diplomatic Bluebook sebagai salah satu upaya mendukung kepentingan nasional Jepang di luar negeri. Sedangkan Cool Japan Strategy merupakan strategi yang dibuat Jepang sebagai upaya dalam menyebarkan nilainilai Jepang di dunia dan berkontribusi pada peningkatan ekonomi domestik Jepang. Indonesia dan Vietnam merupakan dua negara di Asia Tenggara yang menjadi tujuan potensial dalam mendistribusikan berbagai produk Jepang karena kedua negara memiliki ketertarikan besar pada budaya Jepang baik dari lingkup konten budaya populer, pertukaran budaya, maupun makanan Jepang. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan diplomasi publik baru Jepang melalui Cool Japan Strategy untuk mendukung kepentingan nasional Jepang di Indonesia dan Vietnam dengan batasan kurun waktu 2015-2020 yang dianalisis dengan menggunakan 7 elemen teori diplomasi publik baru, konsep kepentingan nasional, dan konsep budaya populer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka, studi dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktoraktor yang berperan dalam pelaksanaan diplomasi publik baru Jepang melalui Cool Japan Strategy dapat mendukung kepentingan nasional Jepang di Indonesia dan Vietnam, baik dalam mendukung persebaran nilai-nilai budaya Jepang melalui budaya tradisional dan budaya populer maupun berkontribusi pada ekonomi domestik Jepang. Kata Kunci: Cool Japan Strategy, Diplomasi Publik Baru, Kepentingan Nasional, Indonesia, dan Vietnam. The Japan‟s government has programmed a public diplomacy policy since 2004 which is released in the Diplomatic Bluebook as an effort to support Japan's foreign policy. Meanwhile, the Cool Japan Strategy is a strategy made by Japan as an effort to spread Japanese values to the world and contribute to enhancing of Japan's domestic economy. Indonesia and Vietnam are two countries in Southeast Asia that are potential destinations for distributing various Japanese products because both countries have a good desire to tend in Japanese culture, which are popular culture content, cultural exchange, and Japanese food. This study describes and analyzes the implementation of Japan's new public diplomacy through the Cool Japan Strategy which support Japan's national interests in Indonesia and Vietnam within the 2015-2020 period, which is analyzed using 7 elements of the new public diplomacy theory, the concept of national interest, and the concept of popular culture. This study uses descriptively qualitative research methods with data collection techniques literature study, documentation study, and interviews. The results of the study show that the actors who play a role in the implementation of Japan's new public diplomacy through the Cool Japan Strategy can support Japan's national interests in Indonesia and Vietnam, both in supporting the spread of Japanese cultural values through traditional culture and popular culture as well as contributing to Japan's domestic economy. . Keywords: Cool Japan Strategy, Indonesia, National Interest, New Public Diplomacy, and Vietnam.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) > 322 Hubungan negara dengan kelompok terorganisir dan anggotanya
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2301938265 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:52
Terakhir diubah: 12 Apr 2023 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70559

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir