PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERNIKAHAN USIA MUDA DI KECAMATAN WONOSOBO KABUPATEN TANGGAMUS (Studi Kasus di Pekon Kunyayan)

MARINA, DWI KARTIKA (2023) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERNIKAHAN USIA MUDA DI KECAMATAN WONOSOBO KABUPATEN TANGGAMUS (Studi Kasus di Pekon Kunyayan). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK- ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2425Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1941Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dalam penelitian ini ialah bagaimana pernikahan usia muda di Pekon Kunyayan Kecamatan Wonosobo dan mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap pernikahan usia muda. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel mengunakan teknik Purposive Sampling maka didapat Informan dua pelaku pernikahan usia muda, dan responden yaitu kepala pekon, kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Wonosobo, tokoh masyarakat, kepala bujang pekon, dan staff pemerintah desa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian yang didapatkan ialah pernikahan usia muda di Kecamatan Wonosobo ini khususnya Pekon Kunyayan banayak terjadi karena ekonomi keluarga yang rendah, pendidikan, dan lingkungan teman. Dampak yang dirasakan oleh pelaku yaitu ekonomi tidak meningkat, Kekerasan dalam rumah tangga, dan kesehatan mental yang menurun. Sedangkan persepsi masyarakat terhadap pernikahan usia muda di Kecamatan Wonosobo menyatakan bahwa mayoritas masyarakat tidak setuju jika suatu pernikahan dilakukan di usia muda terutama jika pernikahan tersebut dianggap tidak cukup matang secara emosional, finansial, atau tanggungbjawab. Namun demikian hal tersebut masih saja terjadi karena kesulitan ekonomi, pendidikan rendah yang menjadikan kualitas sumberdaya manusia menurun, dan lingkungan teman yang banyak memilih menikah di usia muda. Kata kunci: persepsi, masyarakat, pernikahan usia muda.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2301938943 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:13
Terakhir diubah: 12 Apr 2023 07:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70640

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir