PENGEMBANGAN m-LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 01 BUAY BAHUGA

Anisa , Apriani (2023) PENGEMBANGAN m-LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 01 BUAY BAHUGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengembangan m-Learning berbasis android ini termasuk kedalam penelitian dan pengembangan ADDIE. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada mata pembelajaran jaringan dasar yang tervalidasi ahli pada materi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE rincian sebagai berikut : Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil penelitian telah tervalidasi ahli dan memperoleh hasil yang baik. Hasil validasi kedua para ahli media mencapai rata- rata persentase nilai sebesar 93% dengan kualifikasi “ Sangat Layak”, begitupun dengan nilai validasai terhadap ahli materi dengan nilai rata-rata persentase 94% dengan kategori kelayakan “ Sangat Layak”. Sedangkan nilai hasil uji kelayakan pada peserta didik mendapatkan rata-rata 89,23% dikategorikan “sangat layak”. Sedangkan hasil uji responden pada aplikasi m-learning berbasis android menggunakan system usability scale (SUS) mendapatkan rata-rata 96% berada pada grade A, sehingga dapat dikatakan sangat baik. Jadi, secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dibuat sangat praktis untuk digunakan. Kata kunci : m-Learning, ADDIE, Android, Jaringan Dasar. Keywords: m-LEARNING, ADDIE, Android, Basic Network. The development of Android-based m-LEARNING is included in ADDIE's research and development. The purpose of this study was to produce android- based learning media in basic network learning subjects that were validated by experts on the material. This development research uses the ADDIE development model with the following details: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The research results have been validated by experts and obtained good results. The validation results of the two media experts achieved an average percentage score of 93% with the qualification "Very Eligible", as well as the validation value for material experts with an average percentage value of 94% with the "Very Eligible" eligibility category. While the value of the feasibility test results on students get an average of 89.23% categorized as "very feasible". While the test results of respondents on the android-based m-learning application using the system usability scale (SUS) get an average of 96% in grade A, so it can be said to be very good. So, overall it can be said that the learning media created are very practical to use.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2301130922 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:45
Terakhir diubah: 12 Apr 2023 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70653

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir