EVALUASI KESESUAIAN LOKASI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI DI KECAMATAN WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN 2022

Candra , Dewi Sri Pangestu (2023) EVALUASI KESESUAIAN LOKASI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI DI KECAMATAN WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN 2022. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk pola sebaran sekolah dasar (SD) negeri dan menganalisis kesesuaian lokasi sekolah dasar (SD) negeri yang ada di Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri di Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi karena menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pengukuran lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tetangga terdekat (Nearest Neighbour Analysis) dan buffering. Sedangkan untuk tingkat kesesuaian lokasi sekolah di Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat, analisis pengolahan data menggunakan teknik pengharkatan (skoring) dan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola sebaran sekolah dasar negeri di kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat dapat dikatakan mengelompok untuk nilai R pada kategori mengelompok yaitu 0,00-0,70 . Dari hasil evaluasi dari 22 sekolah dasar negeri didapatkan hasil 1 sekolah (4,5% ) sangat sesuai dengan skor akhir 30, 20 sekolah (91% ) cukup sesuai dengan skor akhir 22-28, dan 1 sekolah (4,5% ) sesuai marginal dengan skor akhir 20. Kata kunci: Kesesuaian Lokasi, Sebaran, Sekolah Dasar. The purpose of this study is to analyze the distribution pattern of public elementary schools (SD) and to analyze the suitability of the location of public elementary schools (SD) in Way Tenong District, West Lampung Regency. The method used in this research is a quantitative descriptive method. The population in this study were public elementary schools in Way Tenong District, West Lampung Regency. The sample in this study is the entire population because it uses a total sampling technique. Data collection techniques using observation techniques, field measurements, and documentation. Data analysis techniques use Nearest Neighbor Analysis and buffering. Meanwhile, for the level of suitability of school locations in Way Tenong District, West Lampung Regency, data processing analysis used scoring and percentage techniques. The results showed that the pattern of distribution of public elementary schools in the Way Tenong sub-district, West Lampung Regency, can be said to be clustered for the R value in the clustered category, namely 0.00-0.70. From the results of the evaluation of 22 public elementary schools, it was found that 1 school (4.5%) was in good agreement with a final score of 30, 20 schools (91%) were quite in accordance with a final score of 22-28, and 1 school (4.5%) was in accordance marginal with a final score of 20. Keywords: Location Suitability, Distribution, Elementary Schools.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2301168601 . Digilib
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:43
Terakhir diubah: 13 Apr 2023 02:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70672

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir