PERAKITAN PLANLET PISANG CAVENDISH (Musa acuminata Colla) DALAM CEKAMAN KEKERINGAN BERBASIS BIOTEKNOLOGI SECARA IN VITRO

TARISA , LIVIA HR (2023) PERAKITAN PLANLET PISANG CAVENDISH (Musa acuminata Colla) DALAM CEKAMAN KEKERINGAN BERBASIS BIOTEKNOLOGI SECARA IN VITRO. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (458Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1937Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1255Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lebih dari 200 jenis pisang terdapat di Indonesia. Jenis pisang di Indonesia sangat beragam, salah satu jenis yang banyak dikenal masyarakat yaitu pisang Cavendish. Cekaman kekeringan bisa menjadi faktor utama yang menyebabkan tanaman pisang cavendish tidak dapat tumbuh di dalam lingkungan yang kering. Senyawa polyethylene glycol (PEG) 6000 merupakan senyawa kimia yang tidak beracun bagi tanaman sehingga, sering digunakan untuk simulasi cekaman kekeringan dari suatu tanaman. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui konsentrasi PEG 6000 yang toleran pada planlet pisang cavendish (Musa acuminata Colla) terhadap cekaman kekeringan berbasis bioteknologi secara in vitro. Parameter yang diamati yaitu persentase jumlah planlet yang hidup, visualisasi planlet, tinggi planlet, kandungan klorofil dan kandungan karbohidrat. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 taraf konsentrasi PEG 6000 yaitu 0%, 10%, 20%, 30% dan 40% dengan 5 kali ulangan. Data kuantitatif dari setiap parameter dianalisis menggunakan one way ANOVA. Analisis Ragam pada taraf 5% dan uji lanjut dengan Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi PEG 6000 yang toleran terhadap cekaman kekeringan pada planlet pisang cavendish yaitu 40%. Perlakuan konsentrasi PEG 6000 40% menunjukkan bahwa kandungan klorofil a, b, dan total lebih rendah dari perlakuan yang lain, sedangkan untuk kandungan karbohidratnya lebih tinggi dari perlakuan yang lain. Kata kunci : Musa acuminata Colla, PEG 6000, in vitro, cekaman kekeringan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi S1-Biologi Terapan
Pengguna Deposit: 2301667658 . Digilib
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:00
Terakhir diubah: 13 Apr 2023 03:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70679

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir