HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS FISIK, ASUPAN NUTRISI, DAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KONTROL GLIKEMIK HBA1C PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI BANDAR LAMPUNG PERIODE NOVEMBER-DESEMBER 2022 (BERBASIS DATA LABORATORIUM KLINIK PRAMITRA BIOLAB INDONESIA)

Putu Arya Indira, Prameswari (2023) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS FISIK, ASUPAN NUTRISI, DAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KONTROL GLIKEMIK HBA1C PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI BANDAR LAMPUNG PERIODE NOVEMBER-DESEMBER 2022 (BERBASIS DATA LABORATORIUM KLINIK PRAMITRA BIOLAB INDONESIA). FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2048Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1888Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Aktivitas fisik, asupan nutrisi, serta Indeks Massa Tubuh (IMT) yang berlebih merupakan faktor terjadinya gangguan sekresi insulin. Kadar gula darah dapat dikontrol melalui pemeriksaan HbA1c setiap 6 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik, asupan nutrisi, dan indeks massa tubuh dengan kontrol glikemik HbA1c pada penderita Diabetes Melitus Tipe 2. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Cross Sectional dengan uji statistik Kolmogorov Smirnov dan Fisher Exact (CI 95%). Aktivitas fisik diukur menggunakan kuisioner GPAQ, asupan nutrisi menggunakan kuisioner SQ-FFQ, dan IMT menggunakan pengukuran berat dan tinggi badan. Variabel HbA1c menggunakan rekam medik hasil pemeriksaan HbA1c pada penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Laboratorium Klinik Pramitra. Hasil: Hasil menunjukan adanya hubungan antara aktivitas fisik dengan kontrol glikemik HbA1c (p= 0,003). Pada IMT dan kontrol glikemik HbA1c menunjukkan tidak adanya hubungan yang bermakna (p= 1,000). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara asupan nutrisi dengan kontrol glikemik HbA1c (protein p= 0,284, dan lemak p= 1,000). Simpulan: Terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan kontrol glikemik HbA1c dan tidak terdapat hubungan antara IMT serta asupan nutrisi terhadap kontrol glikemik HbA1c. Kata Kunci: HbA1c, aktivitas fisik, asupan nutrisi, IMT.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301716565 . Digilib
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:03
Terakhir diubah: 13 Apr 2023 03:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70681

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir