PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023)

QIYAMUL, FAJRI (2023) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2630Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2596Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023) Oleh QIYAMUL FAJRI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang Timur, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dan terpilihlah siswa kelas VII-A dan VII-D. Desain penelitian menggunakan penelitian kausal komparatif (ex post facto). Data penelitian berupa data kuantitatif, yaitu berupa skor disposisi matematis siswa yang diperoleh melalui kegiatan pengisian angket disposisi matematis siswa dan skor kemampuan penalaran matematis siswa yang diperoleh melalui kegiatan tes materi bilangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah disposisi matematis tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, dikarenakan oleh beberapa faktor. Namun tetap berlaku bahwa semakin tinggi disposisi matematis siswa maka kemampuan penalaran matematis siswa juga semakin tinggi. Kata kunci : Disposisi Matematis, Kemampuan Penalaran Matematis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: 2301988264 . Digilib
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:45
Terakhir diubah: 14 Apr 2023 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70789

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir