Selly , Yushalina (2023) PERAN DIGITAL PARENTING DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING MELALUI WHATSAPP GRUP DI MASA PANDEMI (Studi Pada Wali Murid SDN 2 Jatimulyo, Lampung Selatan). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (217Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Dampak pandemi yang disebabkan oleh virus corona (covid-19) mengubah berbagai aspek, salah satunya adalah dunia pendidikan. Peran dari orang tua terutama ibu memiliki peran ganda untuk anak-anaknya dalam mendampingi selama melakukan proses belajar di rumah dikarenakan para guru-guru tidak bisa mengajar secara tatap muka langsung dengan murid-murid padahal di usia mereka masih butuh pendamping selama belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua di era digital (digital parenting) terhadap proses pembelajaran daring melalui whatsapp grup di masa pandemi pada wali murid SDN 2 Jatimulyo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi antarpribadi menurut Joseph DeVito dengan aspek keterbukaan, empati, dukungan, dan sikap positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah para orang tua (ibu) yang memiliki anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) dan sementara melaksanakan sekolah daring atau online. Dalam pengumpulan data penelitian ini melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peneliti menemukan 5 peran orang tua di era digital (digital parenting) dalam proses pembelajaran daring melalui WhatsApp grup di masa pandemi yaitu orang tua sebagai pendidik, motivator, fasilitator, pembimbing, komunitator. Komunikasi antarpribadi antara orang tua ibu dan anak dengan aspek keterbukaan, empati, dukungan, dan sikap positif. Kata kunci : Digital Parenting, Pembelajaran Daring, Komunikasi Antarpribadi The impact of the pandemic caused by the corona virus (covid-19) has changed various aspects, one of which is the world of education. The role of parents, especially mothers, has a dual role for their children in accompanying them during the learning process at home because teachers cannot teach face-to-face with students even though at their age they still need a companion when learning. This study aims to describe the role of parents in the digital era (digital parenting) towards the online learning process through whatsapp groups during the pandemic in SDN 2 Jatimulyo student guardians. The theory used in this study is the theory of interpersonal communication according to Joseph DeVito with aspects of openness, empathy, support, and positive attitudes. The method used in this research is a qualitative research method with a sampling technique, namely purposive sampling technique. Informants in this study are parents (mothers) who have children who are still in elementary school and are temporarily implementing online schools. In collecting data, this research conducted observation, interviews, documentation. The results of this study indicate that researchers found 5 roles of parents in the digital era (digital parenting) in the online learning process through whatsapp groups during the pandemic, namely parents as educators, motivators, facilitators, mentors, communicators. Interpersonal communication between mothers and children with aspects of openness, empathy, support, and positive attitudes. Keywords: Digital Parenting, Online Learning, Interpersonal Communication
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | 2301925597 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 04:28 |
Terakhir diubah: | 14 Apr 2023 04:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70827 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |