M. , ILHAMDHANI (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1283Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1246Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe ICM ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bakauheni semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi ke dalam lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilihlah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen serta kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran ICM lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran kooperatif ICM lebih dari 60% dari jumlah siswa. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe ICM efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Efektivitas, Index Card Match (ICM), Pemahaman Konsep Matematis.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301280225 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 04:35 |
Terakhir diubah: | 14 Apr 2023 04:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70841 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |