EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023)

M. , ILHAMDHANI (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1283Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1246Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe ICM ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bakauheni semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi ke dalam lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilihlah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen serta kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran ICM lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran kooperatif ICM lebih dari 60% dari jumlah siswa. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe ICM efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Efektivitas, Index Card Match (ICM), Pemahaman Konsep Matematis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301280225 . Digilib
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:35
Terakhir diubah: 14 Apr 2023 04:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70841

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir