PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MABETA (MAGNET BERHITUNG MATEMATIKA) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK KELAS 2 SEKOLAH DASAR NEGERI

ULFATUL , MU’ARIFAH (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MABETA (MAGNET BERHITUNG MATEMATIKA) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK KELAS 2 SEKOLAH DASAR NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung matematika peserta didik kelas 2 sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh dan perbedaan media pembelajaran Mabeta terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas 2 SD Negeri 6 Metro Barat. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 2 yang berjumlah 75 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes berupa dokumentasi serta observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji independen tes (t-test). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran Mabeta terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas 2 SD Negeri 6 Metro Barat dan Terdapat perbedaan yang signifikan media pembelajaran Mabeta terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas 2 SD Negeri 6 Metro Barat. Kata Kunci : kemampuan berhitung, media pembelajaran mabeta The problem in this research was the low mathematic ability of grade second elementary school students. This study aims to analyze and describe the influence and differences of Mabeta learning media on the numeracy skills of students in grade second elementary school six west Metro. The method in this study was a quasi-experimental research design with a non-equivalent control group design. The population of this study were all students in class second, totaling seventy five students. Determination of the research sample using nonprobability sampling technique. Data collection techniques in this study used test and non-test techniques in the form of documentation and observation. The data analysis used was a simple linear regression test and an independent test (t-test). The results showed that there was a significant influence of Mabeta learning media on the numeracy skills of students in grade second elementary school six west Metro and there was a significant difference in Mabeta learning media on the numeracy skills of students in grade second elementary school six west Metro. Keyword: numeracy skills, mabeta learning media

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301559695 . Digilib
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:06
Terakhir diubah: 14 Apr 2023 06:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70844

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir