PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT

DEVITA, AULIYA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1797Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1478Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar IPS peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen (pre-experimental desain) dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini sebanyak 202 peserta didik. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 peserta didik dengan menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat tahun pelajaran 2022/2023. Kata kunci: hasil belajar, IPS, media gambar. The problem in this study is the low social studies learning outcomes of fourth grade students at SD Muhammadiyah Metro Pusat. The purpose of this study was to analyze and determine the effect of the use of media images on social studies learning outcomes of students. The research method used is experimental (pre-experimental design) and the data used is quantitative data. The research design used was one group pretestposttest design. This study used a non-probability sampling technique with a purposive sampling technique and a population of 202 students with a sample of 32 students. Data collection techniques with test and non-test techniques. The results of the data analysis technique used the ttest formula which showed that there was an effect of using media images on social studies learning outcomes for fourth grade students at SD Muhammadiyah Metro Pusat for the 2022/2023 academic year. Keywords: learning outcomes, IPS, media images.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301577162 . Digilib
Date Deposited: 14 Apr 2023 07:44
Terakhir diubah: 14 Apr 2023 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70878

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir