PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 NATAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

FRANSISKA DISA, DESIANA (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 NATAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1756Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1486Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh peranan guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dan faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peranan guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari tiga guru Bimbingan Konseling dan lima siswa/siswi kelas VIII B SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan. Hasil penelitian menunjukkan ada enam peran guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan, dan hasil dari penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa guru Bimbingan dan Konseling menjalankan perannya di masa Pandemi Covid-19 ini dengan baik. Pembaharuan yang ditemukan adalah kualifikasi akademik para guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Natar sudah memiliki kualifikasi yang kompeten untuk menjalankan tugas dan pelayanan sebagai guru Bimbingan dan Konseling di sekolah, adanya kegiatan visitasi di masa Pandemi Covid-19 diakibatkan ketidakhadiran siswa selama berbulan-bulan di masa pembelajaran daring, dan ketentuan tertulis dalam kebijakan program kegiatan BK tentang tata cara melayangkan surat panggilan kepada orangtua. Kata Kunci: bimbingan dan konseling, kesulitan belajar, pandemi covid-19 peran guru bk. ABSTRACT The problem in this study is what is the role of the counseling teacher in overcoming student learning difficulties and what factors influence student learning difficulties during the Covid-19 Pandemic at SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan, so the purpose of this study is to describe the role of the counseling teacher in overcoming student learning difficulties, and factors causing student learning difficulties during the Covid-19 Pandemic at SMP Negeri 3 Natar, South Lampung. The method used is descriptive qualitative. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The sample in this study consisted of three Counseling teachers and five class VIII B students at SMP Negeri 3 Natar, South Lampung. The results of the study show that there are six roles for the Guidance and Counseling teacher in overcoming student learning difficulties during the Covid-19 Pandemic at SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan, and the results of the research above can be concluded that the Guidance and Counseling teacher carried out his role during the Covid-19 Pandemic. well. The reforms found were the academic qualifications of Guidance and Counseling teachers at SMP Negeri 3 Natar who already had competent qualifications in carrying out their duties and services as Guidance and Counseling teachers at school, there were visitation activities during the Covid-19 Pandemic due to the absence of students for months during the online learning period, and written provisions in the BK activity program policies regarding procedures for sending summons to parents. Keywords: guidance and counseling, learning difficulties, the covid-19 pandemic, the role of the teacher

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2301366151 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:05
Terakhir diubah: 17 Apr 2023 02:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70898

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir