ANALISIS KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN JAGUNG MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT 8 OLI/TIRS DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

TIARA , ANDINI (2023) ANALISIS KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN JAGUNG MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT 8 OLI/TIRS DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2757Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1129Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Analisis kesesuaian lahan untuk tanaman jagung diperlukan untuk meningkatkan produksi dalam pengembangan sektor pertanian. Kabupaten Lampung Selatan merupakan penghasil jagung terbesar di Provinsi Lampung dengan produksi mencapai 598.032 Ton pada tahun 2016. Tujuan penelitian adalah mengetahui potensi pengembangan lahan untuk tanaman jagung menggunakan interpretasi citra landsat 8 OLI/TIRS dan Sistem Informasi Geografis di Kabupaten Lampung Selatan dengan menilai kualitas lahannya dan untuk mengetahui tingkat kondisi kesesuaian lahan tanaman jagung berdasarkan Musim Tanam 1, 2, dan 3 di Kabupaten Lampung Selatan. Analisis dilakukan dengan metode matching atau dengan memberi penilaian kelas kepada setiap parameter yang dibutuhkan. Hasil menunjukkan pada ada Musim Tanam 1 memiliki tingkat kesesuaian lahan yang paling besar daripada Musim Tanam lainnya, sebesar 73% sangat sesuai hingga sesuai. Sedangkan, Musim Tanam 2 memiliki tingkat kesesuaian yang paling rendah yaitu sebesar 60% disebabkan oleh suhu yang kurang stabil akibat peralihan musim dari hujan menuju kemarau. Dan Musim Tanam 3 memiliki tingkat kesesuaian sedang yaitu sebesar 66%, dikarenakan pada musim ini suhu mulai stabil untuk membudidayakan jagung. Kata Kunci : Kesesuaian Lahan, Jagung, Sistem Informasi Geografis, Citra Landsat 8 OLI/TIRS, Matching, Penilaian Kelas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknik Pertanian
Pengguna Deposit: 2301112699 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:35
Terakhir diubah: 17 Apr 2023 03:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70925

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir