PEMANFAATAN LIMBAH SERBUK GERGAJI KAYU JATI (Tectona grandis) SEBAGAI BAHAN CAMPURAN DALAM PEMBUATAN PAVING BLOCK POROUS

Irfan , Rosadi (2023) PEMANFAATAN LIMBAH SERBUK GERGAJI KAYU JATI (Tectona grandis) SEBAGAI BAHAN CAMPURAN DALAM PEMBUATAN PAVING BLOCK POROUS. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1782Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1304Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pertumbuhan pembangunan yang terus meningkat di setiap daerah mengakibatkan berkurangnya daerah resapan air, untuk mengatasi hal tersebut diperlukannya membuat resapan buatan. Resapan buatan bertujuan untuk melestarikan air tanah sebagai sumber daya kehidupan tetap terjaga, salah satunya dengan menggunakan paving block porous sebagai alternatif perkerasan penutup permukaan tanah, sifatnya yang berpori dapat meneruskan air dengan baik ke dalam tanah. Paving block merupakan bahan bangunan yang tersusun dari semen portland, agregat, air, dengan atau tanpa bahan tambahan tetapi tidak menurunkan mutu paving itu sendiri. Paving block porous merupakan paving block yang terbuat dari bahan tambah berupa limbah biomassa, salah satunya yaitu serbuk gergaji kayu jati. Penelitian ini dilakukan untuk membuat paving block porous dengan standar mutu D, yang digunakan untuk taman dan penggunaan lainnya. Komposisi bahan yang digunakan yaitu semen dan pasir (1:3), ditambah serbuk gergaji kayu jati pada perlakuan P1 sebanyak 2%, P2 sebanyak 4%, P3 sebanyak 6%, dan P4 sebanyak 8% dari berat total bahan 2,5 kg. Berdasarkan (SNI 03-0691-1996), ukuran paving block harus mempunyai ketebalan minimal 60 mm dengan toleransi ±8%. Ukuran paving block porous yang dihasilkan sudah memenuhi standar SNI dengan panjang sisi 100 mm dan ketebalan bervariasi antara 56 – 72 mm. Hasil uji ratarata perlakuan P1, P2, P3 dan P4 belum masuk kedalam standar SNI paving mutu D. Perlakuan P1 dengan variasi campuran serbuk gergaji kayu jati sebanyak 2% mempunyai nilai terbaik, dengan nilai rata-rata kuat tekan sebesar 16,05 MPa dan sudah masuk ke dalam standar SNI mutu D, sedangkan nilai rata-rata daya serap air sebesar 6,89% dan sudah ke dalam standar SNI mutu D paving block. Kata Kunci : paving block porous, resapan, serbuk gergaji, kayu jati, limbah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknik Pertanian
Pengguna Deposit: 2301137333 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:11
Terakhir diubah: 17 Apr 2023 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70941

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir