DENTA , PRAMANA PUTRA (2023) BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN CANGGET LEBARAN SUNGKAI UTARA. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3944Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4021Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi pertunjukan Cangget Lebaran Sungkai Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teori yang digunakan yaitu teori bentuk dan teori fungsi milik Hadi (2012). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dokumentasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan, bahwa Cangget Lebaran memiliki 6 ragam gerak muli dan 3 ragam gerak mekhanai. Tata busana pada Cangget Lebaran merupakan pakaian sehari-hari. Tata rias yang digunakan muli cenderung lebih sederhana dan mekhanai tidak menggunakan riasan. Terdapat 7 jenis musik pada Cangget Lebaran yang tidak hanya digunakan sebagai pengiring tari. Tarian dalam Cangget Lebaran memiliki satu pola lantai dan pada saat menari tidak menggunakan properti. Penonton dalam pertunjukan Cangget Lebaran berasal dari kalangan manapun. Waktu pelaksanaan Cangget Lebaran yaitu di hari ke 2 sampai ke 7 momen lebaran dan dilangsungkan di dalam sesat. Fungsi pertunjukan Cangget Lebaran sebagai ritual dilihat dari kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus oleh masyarakat. Sebagai hiburan yaitu merupakan sebuah pertunjukan yang membawa kesenangan bagi penikmatnya. Dikatakan berfungsi sebagai pendidikan karena di dalam pertunjukan Cangget Lebaran terdapat nilai-nilai pendidikan serta sebagai media pembelajaran. Fungsi yang terakhir yaitu sebagai wujud ekspresi artistik dan estetik yang dapat dilihat pada saat proses saling berbincang dan menari, sebab saat momen tersebutlah hadir simbol sebagai wujud ekspresi. Kata Kunci : bentuk pertunjukan, fungsi pertunjukan, Cangget Lebaran This research aims to describe the form and function of Cangget Lebaran North Sungkai. This research used of the qualitative method. The theories used are the form theory and function theory of Hadi (2012). Data collection techniques used in this research include observation, interview, documentation and document study. The results showed that Cangget Lebaran has six types of muli movements and three types of mekhanai movements. The costume of Cangget Lebaran is daily clothes. The makeup used by muli tends to be simpler and mekhanai does not use makeup. There are seven types of music in Cangget Lebaran that are not only used as dance accompaniment. The dance in Cangget Lebaran has one floor pattern and when dancing, it does not use property. The audience in Cangget Lebaran performance comes from all walks of life. The time of Cangget Lebaran is on the second to seventh day of Eid and is held in the sesat. The functions of the Cangget Lebaran performance as a ritual is seen from the habits that are carried out continuously by the community. As entertainment, it is a performance that brings joy to the audience. It is also said to function as education because in the Cangget Lebaran performance there are educational values and as a learning medium. The last function is as a form of artistic and aesthetic expression that can be seen during the process of talking and dancing, because in that moment that symbol is represented as a form of expression. Keywords : performance form, performance function, Cangget Lebaran
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 700 Seni, seni rupa, kesenian |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 2301468896 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 04:13 |
Terakhir diubah: | 17 Apr 2023 04:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70942 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |