PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN MAHONI (Swietenia mahagoni L.) SEBAGAI FUNGISIDA NABATI DALAM MENGENDALIKAN Colletotrichum acutatum J.H. Simmonds PENYEBAB ANTRAKNOSA PADA BUAH CABAI MERAH (Capsicum annuum L.)

ASTY , AWALLIYAH (2023) PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN MAHONI (Swietenia mahagoni L.) SEBAGAI FUNGISIDA NABATI DALAM MENGENDALIKAN Colletotrichum acutatum J.H. Simmonds PENYEBAB ANTRAKNOSA PADA BUAH CABAI MERAH (Capsicum annuum L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1560Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1472Kb) | Preview

Abstrak

Colletotrichum acutatum merupakan salah satu jamur patogen penyebab antraknosa yang biasa menyerang cabai. Pengendalian penyakit antraknosa umumnya menggunakan fungisida kimia. Penggunaan fungisida kimia yang digunakan secara terus-menerus dapat menimbulkan berbagai efek samping yang merugikan. Sehingga diperlukan alternatif lain untuk mengendalikan jamur patogen tersebut, salah satunya ialah dengan menggunakan fungisida nabati yang didapat dari ekstrak daun mahoni (Swietenia mahagoni L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya hambat ekstrak etanol daun mahoni dan mengetahui konsentrasi terbaik ekstrak etanol daun mahoni dalam mengendalikan Colletotrichum acutatum penyebab antraknosa pada buah cabai merah (Capsicum annuum L.). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tujuh konsentrasi ekstrak etanol daun mahoni, yaitu 0 %; 0,5 %; 1 %; 1,5 %; 2 %; 2,5 %; 3 %. Masing-masing perlakuan dilakukan empat kali pengulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA dan dilanjutkan uji lanjut Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan taraf 5 % (α= 5 %). Hasil penelitian menunjukkan ekstrak etanol daun mahoni berpengaruh nyata pada diameter koloni jamur, dan kejadian penyakit. Namun, tidak berpengaruh nyata pada keparahan penyakit dan susut bobot buah. Konsentrasi terbaik ekstrak etanol daun mahoni ditunjukkan pada perlakuan 1,5 %. Kata kunci: Antraknosa, Colletotrichum acutatum, cabai merah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2301151717 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:29
Terakhir diubah: 17 Apr 2023 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70973

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir