TINA , NURIAH (2023) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI KOTABUMI TAHUN AJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1247Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (822Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Pola Asuh Permisif dengan Motivasi Belajar pada Siswa kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari Kotabumi tahun ajaran 2022/2023. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pola asuh permisif dengan motivasi belajar pada siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa dan diteliti keseluruhannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pola asuh permisif dan skala motivasi belajar siswa. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Packages for Social Science). Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar rhitung = - 0,441 > rtabel = 0,226, dan nilai p = 0,000 ; p < 0,05. Sehingga dapat dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh permisif dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari Kotabumi T.A 2022/2023. Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara pola asuh permisif dengan motivasi belajar siswa terdapat hubungan negatif. Artinya siswa dengan tingkat pola asuh permisif yang rendah cenderung memiliki tingkat motivasi belajar yang tinggi dan siswa dengan tingkat pola asuh permisif yang tinggi cenderung memiliki tingkat motivasi belajar yang rendah. Kata Kunci: pola asuh permisif, motivasi belajar, siswa The problem in this study is the low motivation of student learning. This study aims to determine the relationship between permissive parenting and learning motivation in class VIII students of Kemala Bhayangkari Kotabumi Middle School in the 2022/2023 academic year. The hypothesis in this study is that there is a relationship between permissive parenting and students' learning motivation. The population in this study amounted to 76 students and were studied as a whole. The research method used is a quantitative method with a correlational approach. The data collection technique uses a permissive parenting scale and a scale of student learning motivation. The data analysis method in this study used the SPSS (Statistical Packages for Social Science) program. The results showed that the correlation coefficient was rcount = -0.441 > rtable = 0.226, and p = 0.000; p < 0.05. So that it can be stated that there is a significant relationship between permissive parenting and learning motivation of class VIII students of SMP Kemala Bhayangkari Kotabumi T.A 2022/2023. Then the hypothesis in this study is accepted. The results of this study indicate that there is a negative relationship between permissive parenting and student learning motivation. This means that students with low levels of permissive parenting tend to have high levels of learning motivation and students with high levels of permissive parenting tend to have low levels of learning motivation. Keywords: permissive parenting, learning motivation, students
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 100 Filsafat dan psikologi 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | 2301258123 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 06:45 |
Terakhir diubah: | 17 Apr 2023 06:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70978 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |