KERAGAMAN DAN KELIMPAHAN ARTROPODA TAJUK TANAMAN PADA AGROEKOSISTEM CABAI (Capsicum annuum L.) DAN TERONG (Solanum melongena L.) DI KABUPATEN PRINGSEWU, LAMPUNG

TIARA , OKTAVIA (2023) KERAGAMAN DAN KELIMPAHAN ARTROPODA TAJUK TANAMAN PADA AGROEKOSISTEM CABAI (Capsicum annuum L.) DAN TERONG (Solanum melongena L.) DI KABUPATEN PRINGSEWU, LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted)

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1683Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1604Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kelimpahan dan keragaman artropoda tajuk tanaman pada agroekosistem cabai dan terong di Kabupaten Pringsewu, Lampung. Penelitian yang menggunakan metode survei, dilakukan mulai dari bulan Mei – Juli 2022 pada agroekosistem cabai dan terong di Desa Srikaton, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu, Lampung . Pengambilan sampel artropoda dilakukan menggunakan perangkap yellow sticky trap selama 1x24 jam dan perangkap kain hampar (ground cloth), yang titik sampelnya dipilih secara sistematik random sampling. Artropoda yang tertangkap diidentifikasi di Laboratorium Ilmu Hama Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Univesitas Lampung sampai tingkat takson famili. Hasil penelitian menunjukkan artropoda tajuk tanaman yang tertangkap yellow sticky trap pada pertanaman cabai sebanyak 6 Ordo, 24 famili dengan total individu sebanyak 431 individu, sedangkan pada pertanaman terong tertangkap 6 ordo, 21 famili, dan 877 individu. Artropoda tajuk tertangkap menggunakan ground cloth pada tanaman cabai sebanyak 7 ordo, 19 famili, dengan total individu 474 individu, sedangkan pada tanaman terong 8 ordo, 21 famili, dan 530 individu. Keragaman dan kelimpahan artropoda tajuk pada pertanaman cabai dan terong berbeda, dengan nilai keragaman Shannon-Wiener (H’) komunitas artropoda pada pertanaman cabai dan terong dalam kategori sedang. Nilai indeks kemerataan jenis (E) artropoda pada pertanaman cabai dan terong menunjukkan ekosistem yang stabil. Nilai kekayaan jenis (Dmg) pada agroekosistem cabai tergolong sedang dan pada agroekosistem terong tergolong tinggi. Kata Kunci : Indeks Shannon, kemerataan, kekayaan jenis, artropoda tajuk, cabai, dan terong.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2301126295 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:41
Terakhir diubah: 17 Apr 2023 04:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70996

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir