PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NEGERI 02 REJOSARI NATAR LAMPUNG SELATAN

, NGADIRAH (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NEGERI 02 REJOSARI NATAR LAMPUNG SELATAN. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Mengesahkan.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (266Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (206Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1981Kb)

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi awal di SD Negeri 02 Rejosari kualitas hasil belajar bahasa Indonesia khususnya menulis tegak bersambung kelas I masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis tegak bersambung, melalui metode latihan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode latihan dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis tegak bersambung. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan aktivitas siswa prasiklus 53,33% pada siklus 1, 74,33%, pada siklus 2 mencapai 79,99%, atau meningkat 5,66%. Nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis tegak bersambung pada prasiklus (55), siklus I (69), siklus II (74), terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus I meningkat (14), dari siklus I ke siklus II meningkat (5). Persentase siswa tuntas dalam belajar pada siklus 1 73,33% menjadi 93,33% pada siklus 2. Kata kunci: aktivitas, kemampuan menulis tegak bersambung, metode latihan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 24 Jan 2014 03:41
Last Modified: 24 Jan 2014 03:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item