SOLUSI PERSAMAAN DIFUSI NEUTRON PADA PRESSURIZED WATER REACTOR (PWR) BERBENTUK SILINDER DENGAN BAHAN BAKAR URANIUM DAUR ULANG

RIFTAUL , KURNIAWATI (2023) SOLUSI PERSAMAAN DIFUSI NEUTRON PADA PRESSURIZED WATER REACTOR (PWR) BERBENTUK SILINDER DENGAN BAHAN BAKAR URANIUM DAUR ULANG. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2941Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1583Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Telah dilakukan penelitian tentang solusi persamaan difusi neutron pada Pressurized Water Reactor (PWR) dengan bahan bakar uranium daur ulang pada ¼ bagian teras reaktor dan geometri berbentuk silinder yang didefinisikan IGT=3 pada SRAC. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh distribusi fluks neutron pada Pressurized Water Reactor (PWR) berbentuk silinder menggunakan bahan bakar uranium daur ulang. Langkah penelitian meliputi menentukan spesifikasi teras reaktor dan geometri sel. Selanjutnya menghitung fraksi volume, densitas atom, penampang lintang makroskopik, dan distribusi fluks neutron dengan penyelesaian persamaan difusi metode Gauss Seidel menggunakan bahasa pemrograman C++. Hasilnya berupa distribusi nilai fluks neutron relatif tanpa sumber, sumber fisi, sumber fisi dan hamburan, serta mengubah daya. Hasil distribusi fluks neutron relatif dengan tanpa sumber paling tinggi terdapat pada grup 1 sebesar 1,1681 ×10-10, sumber fisi paling tinggi terdapat pada grup 3 sebesar 4,6009×10-8, serta sumber fisi dan hamburan paling tinggi terdapat pada grup 3 sebesar 1,1681×10-10. Selain itu, dengan mengubah daya dari 100 MW menjadi 3.000 MW tidak memiliki perubahan pada bentuk distribusi fluks neutron relatifnya paling tinggi terdapat pada grup 3. Grup paling tinggi mempunyai fluks neutron lebih banyak dan perubahan daya tidak mempengaruhi nilai fluks neutronnya. Kata Kunci: C++, PWR, persamaan difusi, densitas atom, fluks neutron.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 2301178196 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:10
Terakhir diubah: 18 Apr 2023 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71052

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir