AMALIA ANANDA, RIZKA FAUZIA (2023) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SLB INSAN MADANI METRO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pengembangan kompetensi pedagogik guru SLB Insan Madani Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dengan menetapkan tujuan melalui perumusan visi, misi, dan tujuan sekolah serta mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan pengembangan terkait dengan pendidikan luar biasa. (2) Pengorganisasian dengan pembagian tugas kerja guru sesuai dengan ijazah terakhir untuk memaksimalkan guru yang tepat di tempat yang tepat serta pemberian wewenang dan tanggung jawab melalui rapat dan musyawarah yang diputuskan oleh pihak yayasan. (3) Pelaksanaan dilakukan kepala sekolah dengan selalu memberikan motivasi dalam bentuk kata-kata atau penghargaan kepada guru dan memberikan inspirasi maupun dorongan serta berkoordinasi dengan seluruh warga sekolah. (4) Pengawasan dilakukan kepala sekolah dengan penilaian supervisi dan Penilaian Kinerja Guru (PKG) serta pelaksanaan evaluasi guna memonitoring dan melakukan perbaikan-perbaikan setiap akhir pekan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sudah mampu dengan baik melaksanakan manajemen pengembangan kompetensi pedagogik guru SLB Insan Madani Metro. Kata Kunci: kompetensi pedagogik, manajemen, sekolah luar biasa. This study aims to analyze and describe the planning, organizing, implementing, and supervising the development of pedagogical competence of SLB Insan Madani Metro teachers. This research uses a descriptive qualitative approach with a phenomenological research type. Data collection techniques used interviews, observations, and document studies. Data analysis techniques were carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this study indicate that: (1) Planning by setting goals through the formulation of the school's vision, mission, and goals as well as including teachers in training and development related to special education. (2) Organizing by dividing teachers' work duties according to the last diploma to maximize the right teacher in the right place and giving authority and responsibility through meetings and deliberations decided by the foundation. (3) Implementation is carried out by the principal by always providing motivation in the form of words or appreciation to teachers and providing inspiration and encouragement and coordinating with all school members. (4) Supervision is carried out by the principal with supervision assessment and Teacher Performance Assessment (PKG) as well as the implementation of evaluations to monitor and make improvements every weekend. The research findings show that the principal has been able to properly implement the management of developing pedagogical teacher competence of SLB Insan Madani Metro. Kata Kunci: pedagogical competence, management, special education school.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Administrasi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | 2301422111 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 02:17 |
Terakhir diubah: | 18 Apr 2023 02:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71058 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |